Pages

Rabu, 16 Maret 2011

Permasalahan : Komputer tidak bisa masuk Windows sedangkan harddisk yang digunakan adalah ATA



Penyebabnya :
·         Harddisk yang Belum Dipartisi
Solusi : yang perlu dilakukan adalah membuat partisi , dan Kemudian memformat harddisk tersebut karena harrdisk tersebut belum terformat dalam sebuah file system yang dapat dikenali windows ataupun DOS.
·         Kabel Data rusak yang menghubungkan Harddisk ATA dengan PC.
Solusi : Mengganti kabel data yang rusak pada harddisk ATA tersebut ataupun membersihkan kabel data yang terhubung ke harddisk.
·         Muncul BSoD PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Yaitu Disebabkan Karena adanya kemungkinan kerusakan hardware,  termasuk memory utama , memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)
A problem has been detected and windows has been shutdown to prevent damageto your computer. 

Solusi : If this is the first time you've seen this stop error sreen, restart your computer. if this screen appears again, follow these steps : 
check to make sure any new hardware or software is properly instaled. if this is anew installation, ask your haedware or software manufacturer for any windows updates your might need. 
If problem continue, disable or remove any newly instaled hadware or software. disable bios memory options such as caching or shadowing. if you need to use safe mode to remove or disable components restart your computer, press F8 to select advanced startup options and then select safe mode. 

Technical Information 
***STOP : 0X00000050 (0XE126211B, 0X00000001, 0X8081AE7E, 0X00000001) 

·         menunggu CHKDSK pada BsOd (Blue screen of death ) yaitu mengecek harddisk
solusinya : CHKDSK ialah (singkatan dari Checkdisk) adalah sebuah perintah di dalam sistem operasi DOS dan Microsoft Windows (keluarga Windows NT) yang mampu melakukan verifikasi integritas sistem berkas yang disimpan di dalam floppy disk atau hard disk
CHKDSK dapat digunakan untuk melakukan pemindaian dan pengecekan hard disk dari kesalahan sistem berkas yang didukung oleh sistem operasi Microsoft Windows. Akan tetapi, khusus untuk sistem berkas NTFS, Microsoft juga, mulai dari Windows NT 4.0 Service Pack 2 menyertakan sebuah utilitas yang digunakan untuk melakukan pemindaian terhadap sistem berkas NTFS, yang disebut dengan CHKNTFS.EXE, yang diletakkan pada lokasi yang sama dengan CHKDSK.EXE.




Penyebabnya 
  1.  Sistem operasi Windows ada file yang secara tidak sengaja terhapus
2.       Ada virus, spyware atau trojan yang ikutan ‘loading’ ketika computer startup
3.       Ada file (driver) rusak yang rusak, dan ketika dibaca oleh Windows gagal
4.      Ada kerusakan pada hardware, terutama pada memori komputer atau harddisk
5.      Sistem operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi
6.      Ada setting BIOS yang di-setting tidak benar atau baru diubah

Cara mengecek dan mengatasinya adalah:
1.   Startup dengan menggunakan metode ’safe mode’ (tekan F5 ketika komputer pertama kali mau masuk ke Windows, lalu pilih ’safe mode’). Kalau komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada ‘loading’ yang tidak bisa dibaca oleh Windows secara benar. Matikan ‘loading’ tersebut dengan menggunakan perintah ‘msconfig’ pada bagian startup (panggilnya di start>run>msconfig)
2.   Kalau komputer tidak bisa masuk ke Windows, cara termudah adalah repair Windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi Windows, terus ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi repair Windows. Kamu bisa menginstall ulang Windows ke folder baru atau menformat harddisk bila ternyata repair Windows gagal.
3.   Pastikan dahulu kamu tidak ada mengubah setting BIOS sebelumnya, kalau ada kamu sebaiknya mengembalikannya seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi ‘Loading BIOS default’.
4.   Bila langkah-langkah di atas gagal semua, kemungkinan ada kerusakan pada hardware kamu. Kerusakan pada umumnya terletak pada memori dan harddisk. VGA dan mainboard mungkin juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil.
catatan: Kerusakan driver VGA card bisa juga menyebabkan Windows tidak bisa masuk. Kamu harus startup di ’safe mode’ lalu uninstall driver VGA yang rusak dahulu, dan baru install kembali driver VGA yang benar ketika masuk ke Windows secara normal.

0 komentar:

Posting Komentar